Thursday, June 11, 2020

JARINGAN KOMPUTER Cara Membuat Server DHCP Dengan Menggunakan SISCO PACKET TRACER

     
     DHCP atau Dynamic Host Configuration Protocol adalah protokol yang berbasis arsitektur client/server yang dipakai untuk mempermudah pengalokasian IP Address pada satu jaringan. Jaringan lokal yang tidak menggunakan DHCP harus memberikan IP Address secara manual hal ini akan membuat anda kerepotan. Jika suatu server lokal dipasangkan DHCP, semua komputer yang terhubung ke jaringan akan mendapatkan IP address secara otomatis. Selain IP Address DHCP juga memberikan parameter yang lainnya seperti Default Gateaway dan DNS server.
Dimana ada server pasti ada client, karna DHCP sendiri berbasis arsiterktur client/server jadi komputer yang memberikan IP Address adalah DHCP server, sedangkan komputer yang menerima IP Address itu adalah DHCP client.
berikut video tutorial yang kami berikan berupa cuplikan berikut :




langkah pertama :

kita membutuhkan sebuah perangkat lunak server , switch 2950-24, ps-pt-pc0 laptop dan kabel straight.

langkah kedua  :

buatlah topologi jaringan menggunakan 1 unit server ,  4 unit computer client dan 2 unit laptop seperti gambar di disamping .


langkah ketiga  :

setting terlebih dahulu IP ADDRESS computer server dengan cara klik icon computer SERVER -> DESKTOP -> IP CONFIGURATION ; atur alamat IP address.


langkah ke empat   :

selanjutnya  kita lakukan konfigurasi DHCP server dengan cara klik icon computer server -> SERVICES-> DHCP , lakukan dengan konfigurasi IP seperti ini ( dan pastikan DHCP server dalam kondisi ON / menyala ).


langkah ke lima    :

selanjutnya  kita lakukan masing – masing icon  komputer dan pc client -> Desktop-> IP configuration-> pilih DHCP , dan pstikan muncul keterangan “ DHCP  request successful” seperti gambar di samping .


langkah terakhir    :

terakhir kita akan mencoba test apakah ip addres berhasil atau tidak dengan command pront yaitu pilih client pc atau computer -> Desktop -> Command Prompt (cmd) lalu kita klik ping 162.198.100.7 (IP address).
semoga yang kami buat ini bisa bermanfaat bagi yang membutuhkanya dan melihatnya .
kelompok 5 terdiri dari :
1. 12182793- karolus kia duan (moderator)
2. 12182734- komar setiawan (editing vidio)
3. 12181692- arya nur arifbillah ( editor blog)
4.  12182837- sulha sukmawati (koordinasi)
5.  12180584- djamila nepiyanti (koordinasi)
Previous Post
Next Post

0 comments: